Bayi (itu) Titipan Tuhan

Selasa, 24 Januari 2017 23:21 Ditulis oleh

OLEH: ZAINUL ARIFIN

ORANG tua bertanggungjawab mendidik dan membesarkan anak yang dilahirkannya. Bukan dibuang, diabaikan atau bahkan dibunuh. Ada pepatah jawa mengatakan banyak anak banyak rezeki Saya mengartikan, anak-anak yang dilahirkan itu akan membawa rezeki bagi keluarganya.

DALAM micro theories of conflict (teori mikro konflik, red)  dijelaskan  maksud dalam teori itu sendiri adalah merupakan serangkaian proposisi, yang menuju pada realita empiris yang disusun secara logis, agar kita dapat memahami dengan baik. Sedangkan konflik sendiri mempunyai arti sebuah permasalahan yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Teori konflik muncul karena reaksi dari adanya teori fungsionalisme  struktural, sebenarnya apa yang dimaksudkan dengan teori konflik?

Busuk

Minggu, 18 Desember 2016 23:09 Ditulis oleh

OLEH: NOER FATTAH SYAFI’I

KOSA kata busuk an sich (mujarrod), seperti kosa kata harum atau indah, sesungguhnya netral, sebagai penggambaran  atau mewakili suatu keadaan. Tetapi kalau kata busuk disandarkan kepada, misalnya telur, lalu menjadilah telur busuk, maka yang mendengar saja merasa jijik. Meskipun ada sesuatu yang busuk, tapi karena proses peragian, semisal tape (ketela) atau tape ketan hitam rasanya justru... hem, lezat, lebih-lebih bagi penggilanya.

PR Usang Polrestabes

Minggu, 18 Desember 2016 22:52 Ditulis oleh

OLEH: ARIS SETYOADJI

PENGHUJUNG  2016 sudah di depan mata. Namun masih banyak pekerjaan rumah (PR) pengungkapan kasus yang belum diselesaikan Sat Reskrim Polrestabes Surabaya. Baik itu tunggakan kasus pada shio Monyet Api ini maupun tinggalan tahun-tahun sebelumnya. Otomatis utang tersebut menjadi tanggung jawab dan tantangan bagi pejabat penggantinya.

Pencak Silat Tamu di Negeri Sendiri

Minggu, 18 Desember 2016 22:48 Ditulis oleh

OLEH: SEMUEL RUUNG

PENCAK Silat yang merupakan olahraga dan seni beladiri warisan leluhur, kini telah mendunia. Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-17 yang berlangsung di Bali, 3-8 Desember 2016, kembali menjadi bukti torehan sejarah ini. Luasnya wilayah sebaran peminat dan pelaku seni bela diri Indonesia menembus  lima benua terlihat di ajang dua tahunan ini.

Moral yang Morat-Marit

Minggu, 18 Desember 2016 22:41 Ditulis oleh

OLEH: NOOR ARIEF KUSWADI

USIA dunia sudah semakin tua atau dunia sudah mendekati akhir zaman. Kalimat ini sudah sering terdengar, baik dikatakan sahabat, teman, maupun penegak agama. Banyak bukti yang disertakan sebagai penguat mereka, termasuk semakin merosotnya moral kita dari hari ke hari.

Hidayah Dunia Akhirat

Minggu, 18 Desember 2016 22:34 Ditulis oleh

OLEH: OSKARIO UDAYANA

SEMUA orang tahu apa itu hidayah! Adalah penyebab keselamatan dan kebaikan hidup manusia di dunia dan akhirat. Tetapi tidak semua orang mendapatkannya dan mengerti hidayah yang sesungguhnya itu apa.

Kepergian (Orang) yang Baik

Minggu, 18 Desember 2016 20:14 Ditulis oleh

OLEH: WAHYUDI

SUDAH 112 hari Wafatnya K.H Sholahur Rabbani atau yang lebih akrap disapa dengan panggilan Ra Sol, pada Hari Sabtu Tanggal 27 Agustus 2016 lalu. Namun demikian masyarakat Sampang masih hanyut dalam suasana kehilangan yang mendalam. Salah satu tokoh penting yang masih muda, seorang pengasuh pondok pesantren besar di Kota Sampang, dipanggil oleh Sang Pencipta.

Pasar (Tak) Lagi Bergairah

Minggu, 18 Desember 2016 15:11 Ditulis oleh

OLEH: SUJATMIKO

PASAR sudah tidak asing lagi di benak kita. Sebab setiap hendak membeli bahan untuk memasak, atau hendak membeli kebutuhan keluarga yang lain, pikiran kita pasti tertuju ke pasar. Tapi, belakangan ini banyak kita jumpai pasar-pasar di Surabaya, yang jumlahnya selalu ditambah, justru ditinggalkan masyarakat.

Predator Seks

Senin, 12 Desember 2016 00:57 Ditulis oleh

OLEH: FERRY ARDI SETIAWAN


MASA yang paling indah adalah masa anak-anak. Tapi bagi sebagian anak korban kekerasan seksual, kejadian itu bisa menjadi trauma panjang. Sebab, seumur hidup mereka bisa merasa dirinya sebagai manusia kotor, dikucilkan, dan manjadi bagian dari aib keluarga.